Bimtek / Diklat Manajemen Keprotokolan Dan Master Of Ceremony (MC) Sebagai Wujud Peningkatan Wawasan, Ketrampilan Dan Pengetahuan Bagi Humas, Protokol, Dan Master Of Ceremony (MC) Di Daerah

Protokol merupakan serangkaian aturan dalam sebuah kegiatan resmi yang tertulis dan dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan kepada negara, jabatan kepala negara atau menteri. Keprotokolan dan MC biasanya bekerja untuk memandu sebuah acara dari pembukaan hingga penutupan.

Manajemen Keprotokolan Dan Master Of Ceremony (MC) Sebagai Wujud Peningkatan Wawasan, Ketrampilan Dan Pengetahuan Bagi Humas, Protokol, Dan Master Of CeremonyMenjadi seorang MC harus memiliki beberapa pedoman, yaitu sikap ramah tamah, ketelitian yang tinggi, serta rasa percaya diri yang tinggi.

Fungsi Keprotokolan dan MC dalam sebuah acara, yaitu:

  • Fungsi perencanaan
  • Fungsi pengorganisasian
  • Fungsi penggerakan
  • Fungsi pengawasan
  • Fungsi pengkoordinasian
  • Fungsi pengambilan keputusan

Perbedaan Protokoler dan MC

Protokoler merupakan rangkaian kegiatan yang menggunakan aturan yang mengatur tatacara kenegaraan atau acara resmi, protokoler harus mengikuti tata letak, acara, dan tata penghormatan.

Master of Ceremony atau biasa disebut MC merupakan orang yang memandu jalannya acara tidak resmi (nonformal) atau semi formal seperti pada acara seminar dan workshop, pelatihan, ataupun acara hiburan.

Dalam rangka memantapkan pemahaman mengenai Keprotokolan Dan Master Of Ceremony (MC) maka kami akan mengadakan Bimtek / Diklat Kearsipan Daerah tentang Manajemen Keprotokolan Dan Master Of Ceremony (MC) Sebagai Wujud Peningkatan Wawasan, Ketrampilan Dan Pengetahuan Bagi Humas, Protokol, Dan Master Of Ceremony (MC) Di Daerah Pada:

Tanggal Kegiatan

Tempat Kegiatan

04 – 05 Januari 2024


09 – 10 Januari 2024


16 – 17 Januari 2024


23 – 24 Januari 2024

Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTA

Hotel Abadi Malioboro JOGJA

Hotel Pacific Palace BATAM

Hotel Eden Kuta BALI

Hotel Golden Flower BANDUNG

Hotel Ibis City Center MAKASSAR

Hotel Quest SURABAYA

Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK

Hotel Whizz Prime MANADO

Hotel Grand Antares MEDAN

Hotel Maxone Ascent  MALANG

Hotel Santika Radial PALEMBANG

Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG

Hotel Ibis Simpang Lima SEMARANG

Hotel MaxOne BALIKPAPAN

Hotel Diamond / Horison SAMARINDA

Tanggal Kegiatan

Tempat Kegiatan

02 - 03 Februari 2024


07 - 08 Februari 2024


15 - 16 Februari 2024


21 - 22 Februari 2024


27 - 28 Februari 2024

Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTA

Hotel Abadi Malioboro JOGJA

Hotel Pacific Palace BATAM

Hotel Eden Kuta BALI

Hotel Golden Flower BANDUNG

Hotel Ibis City Center MAKASSAR

Hotel Quest SURABAYA

Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK

Hotel Whizz Prime MANADO

Hotel Grand Antares MEDAN

Hotel Maxone Ascent  MALANG

Hotel Santika Radial PALEMBANG

Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG

Hotel Ibis Simpang Lima SEMARANG

Hotel MaxOne BALIKPAPAN

Hotel Diamond / Horison SAMARINDA

 

Tanggal Kegiatan

Tempat Kegiatan

04 - 05 Maret 2024



13 - 14 Maret 2024


21 - 22 Maret 2024



26 - 27 Maret 2024

Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTA

Hotel Abadi Malioboro JOGJA

Hotel Pacific Palace BATAM

Hotel Eden Kuta BALI

Hotel Golden Flower BANDUNG

Hotel Ibis City Center MAKASSAR

Hotel Quest SURABAYA

Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK

Hotel Whizz Prime MANADO

Hotel Grand Antares MEDAN

Hotel Maxone Ascent  MALANG

Hotel Santika Radial PALEMBANG

Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG

Hotel Ibis Simpang Lima SEMARANG

Hotel MaxOne BALIKPAPAN

Hotel Diamond / Horison SAMARINDA

 

Tanggal Kegiatan

Tempat Kegiatan

03 - 04 April 2024




24 - 25 April 2024




Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTA

Hotel Abadi Malioboro JOGJA

Hotel Pacific Palace BATAM

Hotel Eden Kuta BALI

Hotel Golden Flower BANDUNG

Hotel Ibis City Center MAKASSAR

Hotel Quest SURABAYA

Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK

Hotel Whizz Prime MANADO

Hotel Grand Antares MEDAN

Hotel Maxone Ascent  MALANG

Hotel Santika Radial PALEMBANG

Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG

Hotel Ibis Simpang Lima SEMARANG

Hotel MaxOne BALIKPAPAN

Hotel Diamond / Horison SAMARINDA

 

Tanggal Kegiatan

Tempat Kegiatan

 

02 - 03 Mei 2024

08 - 09 Mei 2024

15 - 16 Mei 2024

23 - 24 Mei 2024

30 - 31 Mei 2024

Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTA

Hotel Abadi Malioboro JOGJA

Hotel Pacific Palace BATAM

Hotel Eden Kuta BALI

Hotel Golden Flower BANDUNG

Hotel Ibis City Center MAKASSAR

Hotel Quest SURABAYA

Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK

Hotel Whizz Prime MANADO

Hotel Grand Antares MEDAN

Hotel Maxone Ascent  MALANG

Hotel Santika Radial PALEMBANG

Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG

Hotel Ibis Simpang Lima SEMARANG

Hotel MaxOne BALIKPAPAN

Hotel Diamond / Horison SAMARINDA

 

Tanggal Kegiatan

Tempat Kegiatan

06 - 07 Juni 2024


13 - 14 Juni 2024


21 - 22 Juni 2024


23 - 24 Juni 2024

 


26 - 27 Juni 2024

 

28 - 29 Juni 2024

Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTA

Hotel Abadi Malioboro JOGJA

Hotel Pacific Palace BATAM

Hotel Eden Kuta BALI

Hotel Golden Flower BANDUNG

Hotel Ibis City Center MAKASSAR

Hotel Quest SURABAYA

Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK

Hotel Whizz Prime MANADO

Hotel Grand Antares MEDAN

Hotel Maxone Ascent  MALANG

Hotel Santika Radial PALEMBANG

Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG

Hotel Ibis Simpang Lima SEMARANG

Hotel MaxOne BALIKPAPAN

Hotel Diamond / Horison SAMARINDA

 

Kegiatan ini diselenggarakan secara swadana yang dibebankan ke masing-masing peserta / SKPD dengan Biaya sebesar:

Rp. 4.500.000,- (Empat juta lima ratus ribu rupiah) / Peserta 


Dengan fasilitas yang di dapat peserta sebagai berikut:
1. Pelatihan selama 2 hari / Pembahasan Materi sampai dengan Selesai
2. Peserta Menginap (Twin-Shering);
3. Seminar Kit serta Tas ;
4. Coffee Break, Lunch dan Dinner (Selama Kegiatan Berlangsung)
5. Sertifikat Pelatihan
6. Konfirmasi Pendaftaran Peserta Selambat - Lambanya H-3
CATATAN :
- Peserta di Jemput di Bandara (Peserta Group Minimal 5 Orang) (Peserta Wajib Konfirmasi)
- Konfirmasi Pendaftaran Peserta Selambat - Lambanya H-3
- Untuk Peserta Group minimal 15 Peserta dapat Request Jadwal dan tempat
- Syarat & Ketentuan Berlaku
- Daftarkan Segera, Tempat Terbatas
- BIAYA BIMTEK / DIKLAT / PELATIHAN YANG TERCANTUM SEWAKTU-WAKTU DAPAT BERUBAH
Konfirmasi Peserta:

Telpon Pusdiklat Pemendagri   021-2244.3223

Fax Pusdiklat Pemendagri 021-2244.3223

lkn.or.id phone

pusdiklatpemendagri.com whatsapp

 admin@lkn.or.id

Website Pusdiklat Pemendagri www.lkn.or.id / www.lkn.co.in

Sebagai seorang MC harus memiliki kemampuan berimprovisasi dan membangun suasana, membangkitkan semangat dengan sifat humoris, dan menghibur pada audien yang hadir. Untuk memandu jalannya acara, MC juga bertugas untuk mengenalkan pembicara dan memimpin aplaus setelah pembicara selesai memaparkan materi, seorang MC juga mengontrol keadaan audien agar tetap bersemangat mendengarkan pembicara. Hal yang dapat dilakukan seorang MC adalah mengadakan game kecil untuk mencairkan suasana.

Cara menjadi MC dan Protokol yang baik

Sebagai pemimpin jalannya sebuah acara, MC harus memiliki senyuman di wajahnya supaya terlihat hangat dari para audien, sebelum membawakan sebuah acara sebaiknya orang yang ditunjuk sebagai MC harus mempelajari tentang acara tersebut. Wawasan yang luas akan membuat MC menjadi menarik dan tahu cara untuk menarik perhatian audien.

MC membutuhkan orang yang cakap dalam berbicara, sopan dan santun, serta ramah. Apabila anda ingin memiliki kecakapan berbicara yang baik, maka dengan menjadi MC anda akan terlatih skill atau ketrampilan berbicara serta berbahasa.

Meskipun MC digunakan pada acara yang tidak formal, namun pemilihan busana juga harus diperhatikan agar audien tidak salah fokus pada busana yang dikenakan MC.

Orang yang ditunjuk sebagai MC biasanya orang orang yang bekerja di bidang kehumasan, karena mereka dianggap kompatibel untuk berbicara di depan umum dan cakap dalam menyampaikan berita.

Sama halnya dengan protokoler yang akan memandu jalannya acara, perbedaannya hanya protokoler harus mengikuti semua aturan yang ada tanpa improvisasi.

Protokoler juga harus membangun suasana yang serius dan khidmat untuk menghormati para pejabat negara.

Protokol membutuhkan orang yang serius dan untuk menjadi protokol, dibutuhkan orang yang memiliki suara lantang dan jelas, selain itu penampilan seorang protokol juga harus rapi.

Karena protokol digunakan saat acara kenegaraan yang bersifat resmi, maka bahasa yang digunkana harus merupakan bahasa baku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan isi nomor telepon agar kami bisa menghubungi anda atau mengirimkan brosur