Bimtek Diklat Sistem Informasi Manajemen Barang Dan Aset Daerah

Pemerintah kota atau kabupaten memiliki sistem informasi yang terintegrasi dalam hal mengelola barang dan aset milik daerah. Nama sistem itu adalah Sistem Informasi Manajemen Barang Dan Aset Daerah atau disingkat SIMBADA.

Barang dan aset daerah perlu dikelola dengan baik karena itu adalah unsur penting dalam meningkatkan proses pembangunan dan pelaksanaan pemerintah di daerah.

Sistem Informasi Manajemen Barang Dan Aset Daerah

Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pemerintahan Dalam Negeri (PUSDIKLAT PEMENDAGRI) bekerjasama dengan para narasumber yang kompeten dibidangnya dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia akan mengadakan Pelatihan / Bimtek / Diklat / Barang dan Aset tentang : Sistem Informasi Manajemen Barang Dan Aset Daerah Pada:

Tanggal Kegiatan

Tempat Kegiatan

04 – 05 Januari 2024


09 – 10 Januari 2024


16 – 17 Januari 2024


23 – 24 Januari 2024

Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTA

Hotel Abadi Malioboro JOGJA

Hotel Pacific Palace BATAM

Hotel Eden Kuta BALI

Hotel Golden Flower BANDUNG

Hotel Ibis City Center MAKASSAR

Hotel Quest SURABAYA

Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK

Hotel Whizz Prime MANADO

Hotel Grand Antares MEDAN

Hotel Maxone Ascent  MALANG

Hotel Santika Radial PALEMBANG

Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG

Hotel Ibis Simpang Lima SEMARANG

Hotel MaxOne BALIKPAPAN

Hotel Diamond / Horison SAMARINDA

Tanggal Kegiatan

Tempat Kegiatan

02 - 03 Februari 2024


07 - 08 Februari 2024


15 - 16 Februari 2024


21 - 22 Februari 2024


27 - 28 Februari 2024

Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTA

Hotel Abadi Malioboro JOGJA

Hotel Pacific Palace BATAM

Hotel Eden Kuta BALI

Hotel Golden Flower BANDUNG

Hotel Ibis City Center MAKASSAR

Hotel Quest SURABAYA

Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK

Hotel Whizz Prime MANADO

Hotel Grand Antares MEDAN

Hotel Maxone Ascent  MALANG

Hotel Santika Radial PALEMBANG

Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG

Hotel Ibis Simpang Lima SEMARANG

Hotel MaxOne BALIKPAPAN

Hotel Diamond / Horison SAMARINDA

 

Tanggal Kegiatan

Tempat Kegiatan

04 - 05 Maret 2024



13 - 14 Maret 2024


21 - 22 Maret 2024



26 - 27 Maret 2024

Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTA

Hotel Abadi Malioboro JOGJA

Hotel Pacific Palace BATAM

Hotel Eden Kuta BALI

Hotel Golden Flower BANDUNG

Hotel Ibis City Center MAKASSAR

Hotel Quest SURABAYA

Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK

Hotel Whizz Prime MANADO

Hotel Grand Antares MEDAN

Hotel Maxone Ascent  MALANG

Hotel Santika Radial PALEMBANG

Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG

Hotel Ibis Simpang Lima SEMARANG

Hotel MaxOne BALIKPAPAN

Hotel Diamond / Horison SAMARINDA

 

Tanggal Kegiatan

Tempat Kegiatan

03 - 04 April 2024




24 - 25 April 2024




Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTA

Hotel Abadi Malioboro JOGJA

Hotel Pacific Palace BATAM

Hotel Eden Kuta BALI

Hotel Golden Flower BANDUNG

Hotel Ibis City Center MAKASSAR

Hotel Quest SURABAYA

Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK

Hotel Whizz Prime MANADO

Hotel Grand Antares MEDAN

Hotel Maxone Ascent  MALANG

Hotel Santika Radial PALEMBANG

Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG

Hotel Ibis Simpang Lima SEMARANG

Hotel MaxOne BALIKPAPAN

Hotel Diamond / Horison SAMARINDA

 

Tanggal Kegiatan

Tempat Kegiatan

 

02 - 03 Mei 2024

08 - 09 Mei 2024

15 - 16 Mei 2024

23 - 24 Mei 2024

30 - 31 Mei 2024

Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTA

Hotel Abadi Malioboro JOGJA

Hotel Pacific Palace BATAM

Hotel Eden Kuta BALI

Hotel Golden Flower BANDUNG

Hotel Ibis City Center MAKASSAR

Hotel Quest SURABAYA

Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK

Hotel Whizz Prime MANADO

Hotel Grand Antares MEDAN

Hotel Maxone Ascent  MALANG

Hotel Santika Radial PALEMBANG

Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG

Hotel Ibis Simpang Lima SEMARANG

Hotel MaxOne BALIKPAPAN

Hotel Diamond / Horison SAMARINDA

 

Tanggal Kegiatan

Tempat Kegiatan

06 - 07 Juni 2024


13 - 14 Juni 2024


21 - 22 Juni 2024


23 - 24 Juni 2024

 


26 - 27 Juni 2024

 

28 - 29 Juni 2024

Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTA

Hotel Abadi Malioboro JOGJA

Hotel Pacific Palace BATAM

Hotel Eden Kuta BALI

Hotel Golden Flower BANDUNG

Hotel Ibis City Center MAKASSAR

Hotel Quest SURABAYA

Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK

Hotel Whizz Prime MANADO

Hotel Grand Antares MEDAN

Hotel Maxone Ascent  MALANG

Hotel Santika Radial PALEMBANG

Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG

Hotel Ibis Simpang Lima SEMARANG

Hotel MaxOne BALIKPAPAN

Hotel Diamond / Horison SAMARINDA

 

Kegiatan ini diselenggarakan secara swadana yang dibebankan ke masing-masing peserta / SKPD dengan Biaya sebesar:

Rp. 4.500.000,- (Empat juta lima ratus ribu rupiah) / Peserta 


Dengan fasilitas yang di dapat peserta sebagai berikut:
1. Pelatihan selama 2 hari / Pembahasan Materi sampai dengan Selesai
2. Peserta Menginap (Twin-Shering);
3. Seminar Kit serta Tas ;
4. Coffee Break, Lunch dan Dinner (Selama Kegiatan Berlangsung)
5. Sertifikat Pelatihan
6. Konfirmasi Pendaftaran Peserta Selambat - Lambanya H-3
CATATAN :
- Peserta di Jemput di Bandara (Peserta Group Minimal 5 Orang) (Peserta Wajib Konfirmasi)
- Konfirmasi Pendaftaran Peserta Selambat - Lambanya H-3
- Untuk Peserta Group minimal 15 Peserta dapat Request Jadwal dan tempat
- Syarat & Ketentuan Berlaku
- Daftarkan Segera, Tempat Terbatas
- BIAYA BIMTEK / DIKLAT / PELATIHAN YANG TERCANTUM SEWAKTU-WAKTU DAPAT BERUBAH
Konfirmasi Peserta:

Telpon Pusdiklat Pemendagri   021-2244.3223

Fax Pusdiklat Pemendagri 021-2244.3223

lkn.or.id phone

pusdiklatpemendagri.com whatsapp

 admin@lkn.or.id

Website Pusdiklat Pemendagri www.lkn.or.id / www.lkn.co.in

Tujuan Dilakukan SIMBADA

Dengan membuat Simbada ini maka Pemerintah Kota/Kabupaten akan mempermudah pekerjaan dalam hal:

  • Mendata dan mengelola aset milik pemerintah daerah
  • Memiliki data arsip tentang penilaian aset yang dibutuhkan pada saat membuat Laporan Neraca.
  • Memiliki informasi yang akurat tentang barang dan aset daerah
  • Pendistribusian barang dan aset untuk pihak-pihak yang membutuhkan bisa lebih terkoordinasi dengan baik dan teratur.
  • Membuat standard kode akun barang dan aset menurut instansi masing-masing.
  • Meningkatkan pemeliharaan terhadap barang dan aset serta penggunaan secara efektif dan efisien.
  • Mencegah adanya barang dan aset yang hilang atau tidak jelas pemilikannya.
  • Memperlancar proses pengawasan dan penggunaan barang dan aset daerah.

Karakteristik dari aplikasi SIMBADA

Sistem Informasi Manajemen Barang dan Aset Daerah yang dibuat untuk tujuan diatas, harus memiliki karakteristik sebagai berikut:

  1. Berpedoman pada Pengelolaan Barang Milik/Kekayaan Pemerintah Daerah.
  2. Bisa menampilkan data barang dan aset milik daerah secara keseluruhan maupun per satuan kerja, misalnya per bidang Kesehatan, Pendidikan, Sosial, Tata Kota, dan sebagainya. Agar diketahui bidang mana saja yang penggunaannya masih harus dibenahi.
  3. Bisa dikostumisasi, artinya aplikasi itu tidak baku, tapi bisa di atur sesuai kebutuhan dan kondisi dari pengguna. Misalnya aplikasi yang digunakan untuk Pemda Jawa Timur tidak harus sama dengan Pemda Jawa Barat, bisa jadi karena banyaknya unit kerja di Jawa Timur lebih banyak atau alasan lainnya.
  4. User friendly. Aplikasi yang dibuat tidak ribet, tapi mudah dibaca dan dipahami oleh pengguna. Menu-menu yang dipasang dalam aplikasi tidak rumit, tidak terlalu minim dan juga tidak terlalu banyak, karena kebanyakan menu akan membuat aplikasi terlihat rumit dan tidak efektif.

Modul-modul Dalam Aplikasi Simbarda

  • 1. Modul Perencanaan yang dibuat berdasarkan Rencana Kerja dan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (RKA-SKPD), dan dilaksanakan berdasarkan kebutuhan:
    1.1. Mengisi kebutuhan barang yang memang belum ada sebelumnya.
    1.2. Mengganti kerusakan barang atau kehilangan barang yang sebelumnya sudah ada.
    1.3. Kebutuhan baru karena perkembangan teknologi.
    1.4. Penambahan pegawai atau terjadinya mutasi yang membutuhkan pembelian barang dan aset baru.
  • 2. Modul Pengadaan. Setelah barang dibeli atau diadakan, maka harus dikelola mulai dari perincian barang, nilai nominal, unit kerja pengguna, jumlah dan sebagainya.
  • 3. Modul Penyimpanan dan Penyaluran, dibuat untuk keperluan:
    3.1. Mengurus barang yang sudah ada, apakah disimpan di gudang atau di tempat lain, yang dicatat sebagai Barang Masuk.
    3.2. Mengatur penyaluran barang kepada unit-unit yang berkaitan dengan mencatat ke bagian Barang Keluar.
  • 4. Modul Inventarisasi, untuk mencatat detail spesifikasi setiap barang yang disimpan dibuat per nama barang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan isi nomor telepon agar kami bisa menghubungi anda atau mengirimkan brosur