Bimtek / Diklat Peningkatan Kinerja Organisasi melalui Pembelajaran Organisasi

Organisasi merupakan suatu badan yang berfokus pada pengembangan kemampuan yang dilakukan secara terus-menerus dengan harapan dapat terciptanya dan berkembangnya pola pikir yang dapat bersaing dengan lingkungan usaha yang ada (Sengse, 1990). Penilaian suatu organisasi tentunya dipengaruhi oleh kinerja kerja para anggotanya. Organisasi yang hebat tentu memiliki anggota-anggota yang berkualitas dibaliknya.

Setiap organisasi tentu harus selalu mempertahankan keberlangsungan kinerja para anggotanya, bahkan harus lebih berkembang. Ketidakmampuan suatu organisasi untuk melakukan hal tersebut akan menjadi sebuah masalah yang serius. Ketidakmampuan suatu organisasi untuk segera beradaptasi dan juga mangatasi permasalahan lingkungan usaha yang selalu berubah seiring berjalannya waktu akan membuatnya tersisihkan dari pasaran.

Dalam rangka memantapkan pemahaman mengenai Pembelajaran Organisasi maka kami akan mengadakan Bimtek / Diklat bidang Kesehatan dan Rumah Sakit tentang Peningkatan Kinerja Organisasi melalui Pembelajaran Organisasi pada:

Tanggal Kegiatan

Tempat Kegiatan

04 – 05 Januari 2024


09 – 10 Januari 2024


16 – 17 Januari 2024


23 – 24 Januari 2024

Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTA

Hotel Abadi Malioboro JOGJA

Hotel Pacific Palace BATAM

Hotel Eden Kuta BALI

Hotel Golden Flower BANDUNG

Hotel Ibis City Center MAKASSAR

Hotel Quest SURABAYA

Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK

Hotel Whizz Prime MANADO

Hotel Grand Antares MEDAN

Hotel Maxone Ascent  MALANG

Hotel Santika Radial PALEMBANG

Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG

Hotel Ibis Simpang Lima SEMARANG

Hotel MaxOne BALIKPAPAN

Hotel Diamond / Horison SAMARINDA

Tanggal Kegiatan

Tempat Kegiatan

02 - 03 Februari 2024


07 - 08 Februari 2024


15 - 16 Februari 2024


21 - 22 Februari 2024


27 - 28 Februari 2024

Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTA

Hotel Abadi Malioboro JOGJA

Hotel Pacific Palace BATAM

Hotel Eden Kuta BALI

Hotel Golden Flower BANDUNG

Hotel Ibis City Center MAKASSAR

Hotel Quest SURABAYA

Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK

Hotel Whizz Prime MANADO

Hotel Grand Antares MEDAN

Hotel Maxone Ascent  MALANG

Hotel Santika Radial PALEMBANG

Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG

Hotel Ibis Simpang Lima SEMARANG

Hotel MaxOne BALIKPAPAN

Hotel Diamond / Horison SAMARINDA

 

Tanggal Kegiatan

Tempat Kegiatan

04 - 05 Maret 2024



13 - 14 Maret 2024


21 - 22 Maret 2024



26 - 27 Maret 2024

Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTA

Hotel Abadi Malioboro JOGJA

Hotel Pacific Palace BATAM

Hotel Eden Kuta BALI

Hotel Golden Flower BANDUNG

Hotel Ibis City Center MAKASSAR

Hotel Quest SURABAYA

Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK

Hotel Whizz Prime MANADO

Hotel Grand Antares MEDAN

Hotel Maxone Ascent  MALANG

Hotel Santika Radial PALEMBANG

Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG

Hotel Ibis Simpang Lima SEMARANG

Hotel MaxOne BALIKPAPAN

Hotel Diamond / Horison SAMARINDA

 

Tanggal Kegiatan

Tempat Kegiatan

03 - 04 April 2024




24 - 25 April 2024




Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTA

Hotel Abadi Malioboro JOGJA

Hotel Pacific Palace BATAM

Hotel Eden Kuta BALI

Hotel Golden Flower BANDUNG

Hotel Ibis City Center MAKASSAR

Hotel Quest SURABAYA

Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK

Hotel Whizz Prime MANADO

Hotel Grand Antares MEDAN

Hotel Maxone Ascent  MALANG

Hotel Santika Radial PALEMBANG

Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG

Hotel Ibis Simpang Lima SEMARANG

Hotel MaxOne BALIKPAPAN

Hotel Diamond / Horison SAMARINDA

 

Tanggal Kegiatan

Tempat Kegiatan

 

02 - 03 Mei 2024

08 - 09 Mei 2024

15 - 16 Mei 2024

23 - 24 Mei 2024

30 - 31 Mei 2024

Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTA

Hotel Abadi Malioboro JOGJA

Hotel Pacific Palace BATAM

Hotel Eden Kuta BALI

Hotel Golden Flower BANDUNG

Hotel Ibis City Center MAKASSAR

Hotel Quest SURABAYA

Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK

Hotel Whizz Prime MANADO

Hotel Grand Antares MEDAN

Hotel Maxone Ascent  MALANG

Hotel Santika Radial PALEMBANG

Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG

Hotel Ibis Simpang Lima SEMARANG

Hotel MaxOne BALIKPAPAN

Hotel Diamond / Horison SAMARINDA

 

Tanggal Kegiatan

Tempat Kegiatan

06 - 07 Juni 2024


13 - 14 Juni 2024


21 - 22 Juni 2024


23 - 24 Juni 2024

 


26 - 27 Juni 2024

 

28 - 29 Juni 2024

Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTA

Hotel Abadi Malioboro JOGJA

Hotel Pacific Palace BATAM

Hotel Eden Kuta BALI

Hotel Golden Flower BANDUNG

Hotel Ibis City Center MAKASSAR

Hotel Quest SURABAYA

Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK

Hotel Whizz Prime MANADO

Hotel Grand Antares MEDAN

Hotel Maxone Ascent  MALANG

Hotel Santika Radial PALEMBANG

Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG

Hotel Ibis Simpang Lima SEMARANG

Hotel MaxOne BALIKPAPAN

Hotel Diamond / Horison SAMARINDA

 

Kegiatan ini diselenggarakan secara swadana yang dibebankan ke masing-masing peserta / SKPD dengan Biaya sebesar:

Rp. 4.500.000,- (Empat juta lima ratus ribu rupiah) / Peserta 


Dengan fasilitas yang di dapat peserta sebagai berikut:
1. Pelatihan selama 2 hari / Pembahasan Materi sampai dengan Selesai
2. Peserta Menginap (Twin-Shering);
3. Seminar Kit serta Tas ;
4. Coffee Break, Lunch dan Dinner (Selama Kegiatan Berlangsung)
5. Sertifikat Pelatihan
6. Konfirmasi Pendaftaran Peserta Selambat - Lambanya H-3
CATATAN :
- Peserta di Jemput di Bandara (Peserta Group Minimal 5 Orang) (Peserta Wajib Konfirmasi)
- Konfirmasi Pendaftaran Peserta Selambat - Lambanya H-3
- Untuk Peserta Group minimal 15 Peserta dapat Request Jadwal dan tempat
- Syarat & Ketentuan Berlaku
- Daftarkan Segera, Tempat Terbatas
- BIAYA BIMTEK / DIKLAT / PELATIHAN YANG TERCANTUM SEWAKTU-WAKTU DAPAT BERUBAH
Konfirmasi Peserta:

Telpon Pusdiklat Pemendagri   021-2244.3223

Fax Pusdiklat Pemendagri 021-2244.3223

lkn.or.id phone

pusdiklatpemendagri.com whatsapp

 admin@lkn.or.id

Website Pusdiklat Pemendagri www.lkn.or.id / www.lkn.co.in

Permasalahan lingkungan usaha ini hanya dapat diatasi dengan peningkatan dan pengembangan kemampuan kapasitas dari tiap-tiap anggota organisasi. Salah satu caranya ialah dengan melakukan suatu program yang dapat menunjang pengembangan kemampuan anggotanya sesuai dengan lingkungan usaha yang dihadapi, contohnya dengan melakukan peningkatan kinerja organisasi melalui pembelajaran organisasi. Suatu organisasi selalu dituntut untuk mampu beradaptasi dengan kebutuhan lingkungan usaha yang ada.

Pembelajaran Organisasi

Menurut McGill dan Slocum (1994), pembelajaran organisasi memiliki budaya dan kesatuan nilai yang berperan sebagai motivator pembelajaran sebagai sumber keunggulan strategi yang berkelanjutan dan memiliki struktur organisasi yang tetap serta sistem informasi yang tepat dan akurat. Dalam pembelajaran organisasi ada beberapa bentuk kongkrit yang sangat penting, yaitu :

  1. Keterbukaan (Open Minded)
  2. Sistem Berfikir (Thinking System)
  3. Kreativitas (Creativity)
  4. Empati (Emphaty)
  5. Kemampuan perseorangan (Personal efficacy)

Dari berbagai pendapat teoritis yang ada, sudah terbukti bahwa pengembangan kualitas suatu organisasi dapat dilakukan dengan peningkatan kinerja organisasi melalui pembelajaran organisasi.

Perilaku pembelajaran organisasi tidak pernah terlepas dari proses pembelajaran tiap individu anggota organisasi dan respons lingkungannya. Iklim yang dapat mendorong terciptanya suasana yang kompetitif yang sehat dalam organisasi juga sangat dibutuhkan. Suasana ini dapat meningkatkan hasil yang diharapkan.

Iklim Organisasi

Iklim organisasi merupakan suatu persepsi kolektif dari keadaan organisasi baik secara fisik ataupun non fisik. Iklim organisasi merupakan bagian atau dimensi yang tak terpisahkan dari lingkungan internal organisasi.

Peningkatan kinerja organisasi melalui pembelajaran organisasi sangat dipengaruhi oleh faktor iklim organisasi. Secara spesifik, Vijay Sathe (1995) menyatakan budaya organisasi merupakan kesatuan asumsi yang sangat penting dan digunakan anggota organisasi secara bersama-sama.

Banyak sekali faktor-faktor yang dapat memengaruhi iklim di suatu organisasi. Setiap iklim suatu organisasi tentunya memiliki bentuk yang berbeda-beda bergantung pada faktor internal dan eksternal dari organisasi itu sendiri.

Berdasarkan pada perbedaan orientasi nilai-nilai yang dipegang suatu organisasi dan motif sosial, dimensi iklim organisasi dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut.

  1. Orientasi iklim organisasi pada persahabatan (affiliation)
  2. Orientasi iklim organisasi pada kekuasaan (power)
  3. Orientasi iklim organisasi pada prestasi (achievement)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan isi nomor telepon agar kami bisa menghubungi anda atau mengirimkan brosur