Bimtek / Diklat Peningkatan Kinerja Organisasi melalui Pembelajaran Organisasi

Organisasi merupakan suatu badan yang berfokus pada pengembangan kemampuan yang dilakukan secara terus-menerus dengan harapan dapat terciptanya dan berkembangnya pola pikir yang dapat bersaing dengan lingkungan usaha yang ada (Sengse, 1990). Penilaian suatu organisasi tentunya dipengaruhi oleh kinerja kerja para anggotanya. Organisasi yang hebat tentu memiliki anggota-anggota yang berkualitas dibaliknya.

Setiap organisasi tentu harus selalu mempertahankan keberlangsungan kinerja para anggotanya, bahkan harus lebih berkembang. Ketidakmampuan suatu organisasi untuk melakukan hal tersebut akan menjadi sebuah masalah yang serius. Ketidakmampuan suatu organisasi untuk segera beradaptasi dan juga mangatasi permasalahan lingkungan usaha yang selalu berubah seiring berjalannya waktu akan membuatnya tersisihkan dari pasaran.

Dalam rangka memantapkan pemahaman mengenai Pembelajaran Organisasi maka kami akan mengadakan Bimtek / Diklat bidang Kesehatan dan Rumah Sakit tentang Peningkatan Kinerja Organisasi melalui Pembelajaran Organisasi pada:

Tanggal Kegiatan

Tempat Kegiatan

07 - 08 Januari 2025


15 - 16 Januari 2025


23 - 24 Januari 2025



 

 

Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTA

Hotel Abadi Malioboro JOGJA

Hotel Pacific Palace BATAM

Hotel Eden Kuta BALI

Hotel Golden Flower BANDUNG

Hotel Ibis City Center MAKASSAR

Hotel Quest SURABAYA

Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK

Hotel Whizz Prime MANADO

Hotel Grand Antares MEDAN

Hotel Maxone Ascent  MALANG

Hotel Santika Radial PALEMBANG

Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG

Hotel Ibis Simpang Lima SEMARANG

Hotel MaxOne BALIKPAPAN

Hotel Diamond / Horison SAMARINDA

 

Tanggal Kegiatan

Tempat Kegiatan

06 - 07 Februari 2025

 

 

21 - 22 Februari 2025

 

 

26 - 27 Februari 2025

 

 

 

 

 

 

Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTA

Hotel Abadi Malioboro JOGJA

Hotel Pacific Palace BATAM

Hotel Eden Kuta BALI

Hotel Golden Flower BANDUNG

Hotel Ibis City Center MAKASSAR

Hotel Quest SURABAYA

Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK

Hotel Whizz Prime MANADO

Hotel Grand Antares MEDAN

Hotel Maxone Ascent  MALANG

Hotel Santika Radial PALEMBANG

Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG

Hotel Ibis Simpang Lima SEMARANG

Hotel MaxOne BALIKPAPAN

Hotel Diamond / Horison SAMARINDA

 

Tanggal Kegiatan

Tempat Kegiatan

07 - 08 Maret 2025

 

 

12 - 13 Maret 2025

 

 

19 - 20 Maret 2025

 

 

26 - 27 Maret 2025

 

 

Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTA

Hotel Abadi Malioboro JOGJA

Hotel Pacific Palace BATAM

Hotel Eden Kuta BALI

Hotel Golden Flower BANDUNG

Hotel Ibis City Center MAKASSAR

Hotel Quest SURABAYA

Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK

Hotel Whizz Prime MANADO

Hotel Grand Antares MEDAN

Hotel Maxone Ascent  MALANG

Hotel Santika Radial PALEMBANG

Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG

Hotel Ibis Simpang Lima SEMARANG

Hotel MaxOne BALIKPAPAN

Hotel Diamond / Horison SAMARINDA

 

Tanggal Kegiatan

Tempat Kegiatan

10 - 11 April 2025

 

 

 

14 - 15 April 2025

 

 

 

22 - 23 April 2025

 

 

 

28 - 29 April 2025

Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTA

Hotel Abadi Malioboro JOGJA

Hotel Pacific Palace BATAM

Hotel Eden Kuta BALI

Hotel Golden Flower BANDUNG

Hotel Ibis City Center MAKASSAR

Hotel Quest SURABAYA

Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK

Hotel Whizz Prime MANADO

Hotel Grand Antares MEDAN

Hotel Maxone Ascent  MALANG

Hotel Santika Radial PALEMBANG

Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG

Hotel Ibis Simpang Lima SEMARANG

Hotel MaxOne BALIKPAPAN

Hotel Diamond / Horison SAMARINDA

 

Tanggal Kegiatan

Tempat Kegiatan

05 - 06 Mei 2025

 

 

14 - 15 Mei 2025

 

 

21 - 22 Mei 2025

 

 

26 - 27 Mei 2025

 

 




Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTA

Hotel Abadi Malioboro JOGJA

Hotel Pacific Palace BATAM

Hotel Eden Kuta BALI

Hotel Golden Flower BANDUNG

Hotel Ibis City Center MAKASSAR

Hotel Quest SURABAYA

Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK

Hotel Whizz Prime MANADO

Hotel Grand Antares MEDAN

Hotel Maxone Ascent  MALANG

Hotel Santika Radial PALEMBANG

Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG

Hotel Ibis Simpang Lima SEMARANG

Hotel MaxOne BALIKPAPAN

Hotel Diamond / Horison SAMARINDA

 

Tanggal Kegiatan

Tempat Kegiatan

 

03 - 04 Juni 2025

 

 

 

11 - 12 Juni 2025

 

 

 

19 - 20 Juni 2025

 

 

24 - 25 Juni 2025

 

Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTA

Hotel Abadi Malioboro JOGJA

Hotel Pacific Palace BATAM

Hotel Eden Kuta BALI

Hotel Golden Flower BANDUNG

Hotel Ibis City Center MAKASSAR

Hotel Quest SURABAYA

Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK

Hotel Whizz Prime MANADO

Hotel Grand Antares MEDAN

Hotel Maxone Ascent  MALANG

Hotel Santika Radial PALEMBANG

Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG

Hotel Ibis Simpang Lima SEMARANG

Hotel MaxOne BALIKPAPAN

Hotel Diamond / Horison SAMARINDA

 

Kegiatan ini diselenggarakan secara swadana yang dibebankan ke masing-masing peserta / SKPD dengan Biaya sebesar:

Rp. 4.500.000,- (Empat juta lima ratus ribu rupiah) / Peserta 


Dengan fasilitas yang di dapat peserta sebagai berikut:
1. Pelatihan selama 2 hari / Pembahasan Materi sampai dengan Selesai
2. Peserta Menginap (Twin-Shering);
3. Seminar Kit serta Tas ;
4. Coffee Break, Lunch dan Dinner (Selama Kegiatan Berlangsung)
5. Sertifikat Pelatihan
6. Konfirmasi Pendaftaran Peserta Selambat - Lambanya H-3
CATATAN :
- Peserta di Jemput di Bandara (Peserta Group Minimal 5 Orang) (Peserta Wajib Konfirmasi)
- Konfirmasi Pendaftaran Peserta Selambat - Lambanya H-3
- Untuk Peserta Group minimal 15 Peserta dapat Request Jadwal dan tempat
- Syarat & Ketentuan Berlaku
- Daftarkan Segera, Tempat Terbatas
- BIAYA BIMTEK / DIKLAT / PELATIHAN YANG TERCANTUM SEWAKTU-WAKTU DAPAT BERUBAH
Konfirmasi Peserta:

Telpon Pusdiklat Pemendagri   021-2244.3223

Fax Pusdiklat Pemendagri 021-2244.3223

lkn.or.id phone

pusdiklatpemendagri.com whatsapp

 admin@lkn.or.id

Website Pusdiklat Pemendagri www.lkn.or.id / www.lkn.co.in

Permasalahan lingkungan usaha ini hanya dapat diatasi dengan peningkatan dan pengembangan kemampuan kapasitas dari tiap-tiap anggota organisasi. Salah satu caranya ialah dengan melakukan suatu program yang dapat menunjang pengembangan kemampuan anggotanya sesuai dengan lingkungan usaha yang dihadapi, contohnya dengan melakukan peningkatan kinerja organisasi melalui pembelajaran organisasi. Suatu organisasi selalu dituntut untuk mampu beradaptasi dengan kebutuhan lingkungan usaha yang ada.

Pembelajaran Organisasi

Menurut McGill dan Slocum (1994), pembelajaran organisasi memiliki budaya dan kesatuan nilai yang berperan sebagai motivator pembelajaran sebagai sumber keunggulan strategi yang berkelanjutan dan memiliki struktur organisasi yang tetap serta sistem informasi yang tepat dan akurat. Dalam pembelajaran organisasi ada beberapa bentuk kongkrit yang sangat penting, yaitu :

  1. Keterbukaan (Open Minded)
  2. Sistem Berfikir (Thinking System)
  3. Kreativitas (Creativity)
  4. Empati (Emphaty)
  5. Kemampuan perseorangan (Personal efficacy)

Dari berbagai pendapat teoritis yang ada, sudah terbukti bahwa pengembangan kualitas suatu organisasi dapat dilakukan dengan peningkatan kinerja organisasi melalui pembelajaran organisasi.

Perilaku pembelajaran organisasi tidak pernah terlepas dari proses pembelajaran tiap individu anggota organisasi dan respons lingkungannya. Iklim yang dapat mendorong terciptanya suasana yang kompetitif yang sehat dalam organisasi juga sangat dibutuhkan. Suasana ini dapat meningkatkan hasil yang diharapkan.

Iklim Organisasi

Iklim organisasi merupakan suatu persepsi kolektif dari keadaan organisasi baik secara fisik ataupun non fisik. Iklim organisasi merupakan bagian atau dimensi yang tak terpisahkan dari lingkungan internal organisasi.

Peningkatan kinerja organisasi melalui pembelajaran organisasi sangat dipengaruhi oleh faktor iklim organisasi. Secara spesifik, Vijay Sathe (1995) menyatakan budaya organisasi merupakan kesatuan asumsi yang sangat penting dan digunakan anggota organisasi secara bersama-sama.

Banyak sekali faktor-faktor yang dapat memengaruhi iklim di suatu organisasi. Setiap iklim suatu organisasi tentunya memiliki bentuk yang berbeda-beda bergantung pada faktor internal dan eksternal dari organisasi itu sendiri.

Berdasarkan pada perbedaan orientasi nilai-nilai yang dipegang suatu organisasi dan motif sosial, dimensi iklim organisasi dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut.

  1. Orientasi iklim organisasi pada persahabatan (affiliation)
  2. Orientasi iklim organisasi pada kekuasaan (power)
  3. Orientasi iklim organisasi pada prestasi (achievement)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *