Bimtek / Pelatihan Komunikasi Perubahan dan Perilaku

Perilaku merupakan suatu tindakan atau perbuatan serta perkataan seseorang yang dapat teramati, tergambarkan, dan tercatat oleh orang lain yang melihat ataupun orang yang melakukannya sendiri. Terjadinya suatu perilaku diakibatkan oleh adanya stimulus dari luar maupun dari dalam diri sang pelaku. Pada umumnya perilaku terjadi karena adanya gabungan stimulus dari luar dan dalam.

Stimulus dari luar yang diterima seseorang ditangkap oleh saraf reseptof. Saraf ini akan mengkoordinasikan respons serta efektor untuk melakukan suatu aksi atau perilaku. Perilaku juga dapat terjadi karena adanya stimulus dari dalam, contohnya rasa lapar. Stimulus ini akan membuat seseorang tergerak untuk melakukan suatu aksi yang dapat menghilangkan rasa laparnya. Motivasi akan semakin tinggi jika makanan benar-benar terlihat dan tercium.

Konsep Komunikasi Perubahan dan Perilaku

Perilaku seseorang sangat berkaitan dengan psikologis. Perilaku ini senantiasa akan berubah-ubah tergantung dari keadaan psikologis seseorang. Ada sebuah konsep yang mempelajari perubahan perilaku dengan menggunakan pendekatan sistematis dan interaktif, yaitu Komunikasi Perubahan dan Perilaku (KPP) atau Behaviour Change Communication. Dalam komunikasi ini akan menggunakan berbagai saluran atau media, bergantung pada keadaan masyarakat.

Dalam rangka memantapkan pemahaman mengenai Perubahan dan Perilaku maka kami akan mengadakan Bimtek / Diklat bidang Kesehatan dan Rumah Sakit tentang Komunikasi Perubahan dan Perilaku pada:

Jadwal Bimtek dan Diklat

WAKTU PELAKSANAAN

TEMPAT PELAKSANAAN


08 – 09 September 2023


13 – 14 September 2023


21 – 22 September 2023


26 – 27 September 2023


29 – 30 September 2023
·         Hotel Orchardz Jayakarta Jakarta
·         Hotel Abadi Malioboro JOGJA
·         Hotel Pacific Palace BATAM
·         Hotel Eden Kuta BALI
·         Hotel Golden Flower BANDUNG
·         Hotel Ibis City Center MAKASSAR
·         Hotel Quest SURABAYA
·         Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK
·         Hotel Whizz Prime MANADO
·         Hotel Grand Antares MEDAN
·         Hotel Maxone Ascent MALANG
·         Hotel Santika Radial PALEMBANG
·         Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG
·         Hotel Ibis SEMARANG
·         Hotel MaxOne BALIKPAPAN
·         Hotel Diamond / Horison SAMARINDA

WAKTU PELAKSANAAN

TEMPAT PELAKSANAAN


02 – 03 Oktober 2023


10 – 11 Oktober 2023


20 – 21 Oktober 2023


25 – 26 Oktober 2023
·         Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTA
·         Hotel Abadi Malioboro JOGJA
·         Hotel Pacific Palace BATAM
·         Hotel Eden Kuta BALI
·         Hotel Golden Flower BANDUNG
·         Hotel Ibis City Center MAKASSAR
·         Hotel Quest SURABAYA
·         Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK
·         Hotel Whizz Prime MANADO
·         Hotel Grand Antares MEDAN
·         Hotel Maxone Ascent MALANG
·         Hotel Santika Radial PALEMBANG
·         Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG
·         Hotel Ibis SEMARANG
·         Hotel MaxOne BALIKPAPAN
·         Hotel Diamond / Horison SAMARINDA

WAKTU PELAKSANAAN

TEMPAT PELAKSANAAN


02 – 03 November 2023


07 – 08 November 2023


14 – 15 November 2023


21 – 22 November 2023


29 – 30 November 2023
·         Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTA
·         Hotel Abadi Malioboro JOGJA
·         Hotel Pacific Palace BATAM
·         Hotel Eden Kuta BALI
·         Hotel Golden Flower BANDUNG
·         Hotel Ibis City Center MAKASSAR
·         Hotel Quest SURABAYA
·         Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK
·         Hotel Whizz Prime MANADO
·         Hotel Grand Antares MEDAN
·         Hotel Maxone Ascent MALANG
·         Hotel Santika Radial PALEMBANG
·         Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG
·         Hotel Ibis SEMARANG
·         Hotel MaxOne BALIKPAPAN
·         Hotel Diamond / Horison SAMARINDA

WAKTU PELAKSANAAN

TEMPAT PELAKSANAAN


07 – 08 Desember 2023


13 – 14 Desember 2023


20 – 21 Desember 2023


28 – 29 Desember 2023
·         Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTA
·         Hotel Abadi Malioboro JOGJA
·         Hotel Pacific Palace BATAM
·         Hotel Eden Kuta BALI
·         Hotel Golden Flower BANDUNG
·         Hotel Ibis City Center MAKASSAR
·         Hotel Quest SURABAYA
·         Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK
·         Hotel Whizz Prime MANADO
·         Hotel Grand Antares MEDAN
·         Hotel Maxone Ascent MALANG
·         Hotel Santika Radial PALEMBANG
·         Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG
·         Hotel Ibis SEMARANG
·         Hotel MaxOne BALIKPAPAN
·         Hotel Diamond / Horison SAMARINDA
Kegiatan ini diselenggarakan secara swadana yang dibebankan ke masing-masing peserta / SKPD dengan Biaya sebesar:

Rp. 4.500.000,- (Empat juta lima ratus ribu rupiah) / Peserta 


Dengan fasilitas yang di dapat peserta sebagai berikut:
1. Pelatihan selama 2 hari / Pembahasan Materi sampai dengan Selesai
2. Peserta Menginap (Twin-Shering);
3. Seminar Kit serta Tas ;
4. Coffee Break, Lunch dan Dinner (Selama Kegiatan Berlangsung)
5. Sertifikat Pelatihan
6. Konfirmasi Pendaftaran Peserta Selambat - Lambanya H-3
CATATAN :
- Peserta di Jemput di Bandara (Peserta Group Minimal 5 Orang) (Peserta Wajib Konfirmasi)
- Konfirmasi Pendaftaran Peserta Selambat - Lambanya H-3
- Untuk Peserta Group minimal 15 Peserta dapat Request Jadwal dan tempat
- Syarat & Ketentuan Berlaku
- Daftarkan Segera, Tempat Terbatas
- BIAYA BIMTEK / DIKLAT / PELATIHAN YANG TERCANTUM SEWAKTU-WAKTU DAPAT BERUBAH
Konfirmasi Peserta:

Telpon Pusdiklat Pemendagri   021-2244.3223

Fax Pusdiklat Pemendagri 021-2244.3223

lkn.or.id phone

pusdiklatpemendagri.com whatsapp

 admin@lkn.or.id

Website Pusdiklat Pemendagri www.lkn.or.id / www.lkn.co.in

Hal ini bertujuan untuk memperbaiki perilaku khususnya yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat secara psikologis. Komunikasi ini harus mengarah pada suatu perubahan atau perbaikan pada suatu perilaku yang dianggap tidak sesuai. Menurut Green dan Tones (2010), Komunikasi jenis ini berasal dalam model medis yang didominasi pada kesehatan masyarakat dan sering digunakan untuk menuntun seseorang dalam mengadopsi gaya hidup sehat.

Dalam kata lain komunikasi ini dipengaruhi oleh fokus ilmu sosial terhadap suatu pembawa perubahan perilaku. Menurut konsep tersebut masyarakat harus menjadi agen utama bagi perubahan diri mereka sendiri. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mempromosikan dialog, negosiasi, dan perdebatan, serta menekankan berbagai pengetahuan, proses interaksi, dan tindakan kolektif.

Implementasi Pengembangan Media Berbasis Perilaku

Komunikasi Perubahan dan Perilaku ditekankan pada perubahan atau perbaikan perilaku, tidak hanya sekedar peningkatan pengetahuan dan sikap saja. Implementasi pengembangan media dalam rangka membantu perubahan perilaku sangat penting. Media dalam hal ini sangat bergantung pada keadaan masyarakat yang ada. Adapun beberapa tahapan yang dapat dilakukan sebagai implementasi pengembangan media berbasis perilaku adalah sebagai berikut.

  • Investigasi dan analisa keadaan masyarakat sekitar, terutama yang berkaitan dengan masalah kesehatan psikologis masyarakat
  • Lakukan penelitian atau kajian formatif terhadap keadaan masyarakat. Hal ini ditujukan untuk menemukan perilaku yang berkaitan dengan kesehatan psikologis masyarakat dan juga faktor pendorong serta penghambatnya
  • Susun rencana dan strategi KPP yang tepat dan efektif dalam rangka perbaikan perilaku, termasuk juga strategi monitoring dan evaluasi
  • Rancang media KPP yang termasuk dalam uji awal dan pengembangannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan isi nomor telepon agar kami bisa menghubungi anda atau mengirimkan brosur