Perilaku merupakan suatu tindakan atau perbuatan serta perkataan seseorang yang dapat teramati, tergambarkan, dan tercatat oleh orang lain yang melihat ataupun orang yang melakukannya sendiri. Terjadinya suatu perilaku diakibatkan oleh adanya stimulus dari luar maupun dari dalam diri sang pelaku. Pada umumnya perilaku terjadi karena adanya gabungan stimulus dari luar dan dalam.
Stimulus dari luar yang diterima seseorang ditangkap oleh saraf reseptof. Saraf ini akan mengkoordinasikan respons serta efektor untuk melakukan suatu aksi atau perilaku. Perilaku juga dapat terjadi karena adanya stimulus dari dalam, contohnya rasa lapar. Stimulus ini akan membuat seseorang tergerak untuk melakukan suatu aksi yang dapat menghilangkan rasa laparnya. Motivasi akan semakin tinggi jika makanan benar-benar terlihat dan tercium.
Konsep Komunikasi Perubahan dan Perilaku
Perilaku seseorang sangat berkaitan dengan psikologis. Perilaku ini senantiasa akan berubah-ubah tergantung dari keadaan psikologis seseorang. Ada sebuah konsep yang mempelajari perubahan perilaku dengan menggunakan pendekatan sistematis dan interaktif, yaitu Komunikasi Perubahan dan Perilaku (KPP) atau Behaviour Change Communication. Dalam komunikasi ini akan menggunakan berbagai saluran atau media, bergantung pada keadaan masyarakat.
Dalam rangka memantapkan pemahaman mengenai Perubahan dan Perilaku maka kami akan mengadakan Bimtek / Diklat bidang Kesehatan dan Rumah Sakit tentang Komunikasi Perubahan dan Perilaku pada:
Tanggal Kegiatan |
Tempat Kegiatan |
06 - 07 Juni 2024
|
Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTAHotel Abadi Malioboro JOGJAHotel Pacific Palace BATAMHotel Eden Kuta BALIHotel Golden Flower BANDUNGHotel Ibis City Center MAKASSARHotel Quest SURABAYAHotel Montana Premier Senggigi LOMBOKHotel Whizz Prime MANADOHotel Grand Antares MEDANHotel Maxone Ascent MALANGHotel Santika Radial PALEMBANGHotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNGHotel Ibis Simpang Lima SEMARANGHotel MaxOne BALIKPAPANHotel Diamond / Horison SAMARINDA |
Tanggal Kegiatan |
Tempat Kegiatan |
02 – 03 Juli 202411 – 12 Juli 202418 – 19 Juli 202423 – 24 Juli 202429 – 30 Juli 2024 |
Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTAHotel Abadi Malioboro JOGJAHotel Pacific Palace BATAMHotel Eden Kuta BALIHotel Golden Flower BANDUNGHotel Ibis City Center MAKASSARHotel Quest SURABAYAHotel Montana Premier Senggigi LOMBOKHotel Whizz Prime MANADOHotel Grand Antares MEDANHotel Maxone Ascent MALANGHotel Santika Radial PALEMBANGHotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNGHotel Ibis Simpang Lima SEMARANGHotel MaxOne BALIKPAPANHotel Diamond / Horison SAMARINDA |
Tanggal Kegiatan |
Tempat Kegiatan |
02 - 03 Agustus 202408 - 09 Agustus 202413 - 14 Agustus 202422 - 23 Agustus 202428 - 29 Agustus 2024 |
Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTAHotel Abadi Malioboro JOGJAHotel Pacific Palace BATAMHotel Eden Kuta BALIHotel Golden Flower BANDUNGHotel Ibis City Center MAKASSARHotel Quest SURABAYAHotel Montana Premier Senggigi LOMBOKHotel Whizz Prime MANADOHotel Grand Antares MEDANHotel Maxone Ascent MALANGHotel Santika Radial PALEMBANGHotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNGHotel Ibis Simpang Lima SEMARANGHotel MaxOne BALIKPAPANHotel Diamond / Horison SAMARINDA |
Tanggal Kegiatan |
Tempat Kegiatan |
04 - 05 September 202412 - 13 September 202419 - 20 September 202427 - 28 September 2024
|
Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTAHotel Abadi Malioboro JOGJAHotel Pacific Palace BATAMHotel Eden Kuta BALIHotel Golden Flower BANDUNGHotel Ibis City Center MAKASSARHotel Quest SURABAYAHotel Montana Premier Senggigi LOMBOKHotel Whizz Prime MANADOHotel Grand Antares MEDANHotel Maxone Ascent MALANGHotel Santika Radial PALEMBANGHotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNGHotel Ibis Simpang Lima SEMARANGHotel MaxOne BALIKPAPANHotel Diamond / Horison SAMARINDA |
Tanggal Kegiatan |
Tempat Kegiatan |
03 - 04 Oktober 202410 - 11 Oktober 202418 - 19 Oktober 202425 - 26 Oktober 202429 - 30 Oktober 2024
|
Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTAHotel Abadi Malioboro JOGJAHotel Pacific Palace BATAMHotel Eden Kuta BALIHotel Golden Flower BANDUNGHotel Ibis City Center MAKASSARHotel Quest SURABAYAHotel Montana Premier Senggigi LOMBOKHotel Whizz Prime MANADOHotel Grand Antares MEDANHotel Maxone Ascent MALANGHotel Santika Radial PALEMBANGHotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNGHotel Ibis Simpang Lima SEMARANGHotel MaxOne BALIKPAPANHotel Diamond / Horison SAMARINDA |
Tanggal Kegiatan |
Tempat Kegiatan |
06 - 07 November 202414 - 15 November 202420 - 21 November 202425 - 26 November 2024 |
Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTAHotel Abadi Malioboro JOGJAHotel Pacific Palace BATAMHotel Eden Kuta BALIHotel Golden Flower BANDUNGHotel Ibis City Center MAKASSARHotel Quest SURABAYAHotel Montana Premier Senggigi LOMBOKHotel Whizz Prime MANADOHotel Grand Antares MEDANHotel Maxone Ascent MALANGHotel Santika Radial PALEMBANGHotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNGHotel Ibis Simpang Lima SEMARANGHotel MaxOne BALIKPAPANHotel Diamond / Horison SAMARINDA |
Tanggal Kegiatan |
Tempat Kegiatan |
05 - 06 Desember 202409 - 10 Desember 202412 - 13 Desember 202417 - 18 Desember 202430 - 31 Desember 2024 |
Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTAHotel Abadi Malioboro JOGJAHotel Pacific Palace BATAMHotel Eden Kuta BALIHotel Golden Flower BANDUNGHotel Ibis City Center MAKASSARHotel Quest SURABAYAHotel Montana Premier Senggigi LOMBOKHotel Whizz Prime MANADOHotel Grand Antares MEDANHotel Maxone Ascent MALANGHotel Santika Radial PALEMBANGHotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNGHotel Ibis Simpang Lima SEMARANGHotel MaxOne BALIKPAPANHotel Diamond / Horison SAMARINDA |
Hal ini bertujuan untuk memperbaiki perilaku khususnya yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat secara psikologis. Komunikasi ini harus mengarah pada suatu perubahan atau perbaikan pada suatu perilaku yang dianggap tidak sesuai. Menurut Green dan Tones (2010), Komunikasi jenis ini berasal dalam model medis yang didominasi pada kesehatan masyarakat dan sering digunakan untuk menuntun seseorang dalam mengadopsi gaya hidup sehat.
Dalam kata lain komunikasi ini dipengaruhi oleh fokus ilmu sosial terhadap suatu pembawa perubahan perilaku. Menurut konsep tersebut masyarakat harus menjadi agen utama bagi perubahan diri mereka sendiri. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mempromosikan dialog, negosiasi, dan perdebatan, serta menekankan berbagai pengetahuan, proses interaksi, dan tindakan kolektif.
Implementasi Pengembangan Media Berbasis Perilaku
Komunikasi Perubahan dan Perilaku ditekankan pada perubahan atau perbaikan perilaku, tidak hanya sekedar peningkatan pengetahuan dan sikap saja. Implementasi pengembangan media dalam rangka membantu perubahan perilaku sangat penting. Media dalam hal ini sangat bergantung pada keadaan masyarakat yang ada. Adapun beberapa tahapan yang dapat dilakukan sebagai implementasi pengembangan media berbasis perilaku adalah sebagai berikut.
- Investigasi dan analisa keadaan masyarakat sekitar, terutama yang berkaitan dengan masalah kesehatan psikologis masyarakat
- Lakukan penelitian atau kajian formatif terhadap keadaan masyarakat. Hal ini ditujukan untuk menemukan perilaku yang berkaitan dengan kesehatan psikologis masyarakat dan juga faktor pendorong serta penghambatnya
- Susun rencana dan strategi KPP yang tepat dan efektif dalam rangka perbaikan perilaku, termasuk juga strategi monitoring dan evaluasi
- Rancang media KPP yang termasuk dalam uji awal dan pengembangannya