Bimtek / Pelatihan Komunikasi Perubahan dan Perilaku

Perilaku merupakan suatu tindakan atau perbuatan serta perkataan seseorang yang dapat teramati, tergambarkan, dan tercatat oleh orang lain yang melihat ataupun orang yang melakukannya sendiri. Terjadinya suatu perilaku diakibatkan oleh adanya stimulus dari luar maupun dari dalam diri sang pelaku. Pada umumnya perilaku terjadi karena adanya gabungan stimulus dari luar dan dalam.

Stimulus dari luar yang diterima seseorang ditangkap oleh saraf reseptof. Saraf ini akan mengkoordinasikan respons serta efektor untuk melakukan suatu aksi atau perilaku. Perilaku juga dapat terjadi karena adanya stimulus dari dalam, contohnya rasa lapar. Stimulus ini akan membuat seseorang tergerak untuk melakukan suatu aksi yang dapat menghilangkan rasa laparnya. Motivasi akan semakin tinggi jika makanan benar-benar terlihat dan tercium.

Konsep Komunikasi Perubahan dan Perilaku

Perilaku seseorang sangat berkaitan dengan psikologis. Perilaku ini senantiasa akan berubah-ubah tergantung dari keadaan psikologis seseorang. Ada sebuah konsep yang mempelajari perubahan perilaku dengan menggunakan pendekatan sistematis dan interaktif, yaitu Komunikasi Perubahan dan Perilaku (KPP) atau Behaviour Change Communication. Dalam komunikasi ini akan menggunakan berbagai saluran atau media, bergantung pada keadaan masyarakat.

Dalam rangka memantapkan pemahaman mengenai Perubahan dan Perilaku maka kami akan mengadakan Bimtek / Diklat bidang Kesehatan dan Rumah Sakit tentang Komunikasi Perubahan dan Perilaku pada:

Tanggal Kegiatan

Tempat Kegiatan

06 - 07 Juni 2024


13 - 14 Juni 2024


21 - 22 Juni 2024


23 - 24 Juni 2024

 


26 - 27 Juni 2024

 

28 - 29 Juni 2024

Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTA

Hotel Abadi Malioboro JOGJA

Hotel Pacific Palace BATAM

Hotel Eden Kuta BALI

Hotel Golden Flower BANDUNG

Hotel Ibis City Center MAKASSAR

Hotel Quest SURABAYA

Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK

Hotel Whizz Prime MANADO

Hotel Grand Antares MEDAN

Hotel Maxone Ascent  MALANG

Hotel Santika Radial PALEMBANG

Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG

Hotel Ibis Simpang Lima SEMARANG

Hotel MaxOne BALIKPAPAN

Hotel Diamond / Horison SAMARINDA

 

Tanggal Kegiatan

Tempat Kegiatan

02 – 03 Juli 2024

 

 

11 – 12 Juli 2024

 

 

18 – 19 Juli 2024

 

 

23 – 24 Juli 2024

 

 

29 – 30 Juli 2024

Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTA

Hotel Abadi Malioboro JOGJA

Hotel Pacific Palace BATAM

Hotel Eden Kuta BALI

Hotel Golden Flower BANDUNG

Hotel Ibis City Center MAKASSAR

Hotel Quest SURABAYA

Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK

Hotel Whizz Prime MANADO

Hotel Grand Antares MEDAN

Hotel Maxone Ascent  MALANG

Hotel Santika Radial PALEMBANG

Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG

Hotel Ibis Simpang Lima SEMARANG

Hotel MaxOne BALIKPAPAN

Hotel Diamond / Horison SAMARINDA

 

Tanggal Kegiatan

Tempat Kegiatan

02 - 03 Agustus 2024

 

 

08 - 09 Agustus 2024

 

 

13 - 14 Agustus 2024

 

 

22 - 23 Agustus 2024

 

 

28 - 29 Agustus 2024

Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTA

Hotel Abadi Malioboro JOGJA

Hotel Pacific Palace BATAM

Hotel Eden Kuta BALI

Hotel Golden Flower BANDUNG

Hotel Ibis City Center MAKASSAR

Hotel Quest SURABAYA

Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK

Hotel Whizz Prime MANADO

Hotel Grand Antares MEDAN

Hotel Maxone Ascent  MALANG

Hotel Santika Radial PALEMBANG

Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG

Hotel Ibis Simpang Lima SEMARANG

Hotel MaxOne BALIKPAPAN

Hotel Diamond / Horison SAMARINDA

 

Tanggal Kegiatan

Tempat Kegiatan

04 - 05 September 2024

 

 

 

12 - 13 September 2024

 

 

 

19 - 20 September 2024

 

 

 

27 - 28 September 2024

Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTA

Hotel Abadi Malioboro JOGJA

Hotel Pacific Palace BATAM

Hotel Eden Kuta BALI

Hotel Golden Flower BANDUNG

Hotel Ibis City Center MAKASSAR

Hotel Quest SURABAYA

Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK

Hotel Whizz Prime MANADO

Hotel Grand Antares MEDAN

Hotel Maxone Ascent  MALANG

Hotel Santika Radial PALEMBANG

Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG

Hotel Ibis Simpang Lima SEMARANG

Hotel MaxOne BALIKPAPAN

Hotel Diamond / Horison SAMARINDA

 

Tanggal Kegiatan

Tempat Kegiatan

03 - 04 Oktober 2024

 

 

10 - 11 Oktober 2024

 

 

18 - 19 Oktober 2024

 

 

25 - 26 Oktober 2024

 

 

29 - 30 Oktober 2024



Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTA

Hotel Abadi Malioboro JOGJA

Hotel Pacific Palace BATAM

Hotel Eden Kuta BALI

Hotel Golden Flower BANDUNG

Hotel Ibis City Center MAKASSAR

Hotel Quest SURABAYA

Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK

Hotel Whizz Prime MANADO

Hotel Grand Antares MEDAN

Hotel Maxone Ascent  MALANG

Hotel Santika Radial PALEMBANG

Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG

Hotel Ibis Simpang Lima SEMARANG

Hotel MaxOne BALIKPAPAN

Hotel Diamond / Horison SAMARINDA

 

Tanggal Kegiatan

Tempat Kegiatan

 

06 - 07 November 2024

 

 

 

14 - 15 November 2024

 

 

 

20 - 21 November 2024

 

 

25 - 26 November 2024

 

Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTA

Hotel Abadi Malioboro JOGJA

Hotel Pacific Palace BATAM

Hotel Eden Kuta BALI

Hotel Golden Flower BANDUNG

Hotel Ibis City Center MAKASSAR

Hotel Quest SURABAYA

Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK

Hotel Whizz Prime MANADO

Hotel Grand Antares MEDAN

Hotel Maxone Ascent  MALANG

Hotel Santika Radial PALEMBANG

Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG

Hotel Ibis Simpang Lima SEMARANG

Hotel MaxOne BALIKPAPAN

Hotel Diamond / Horison SAMARINDA

 

 

Tanggal Kegiatan

Tempat Kegiatan

 

05 - 06 Desember 2024

 

 

 

09 - 10 Desember 2024

 

 

 

12 - 13 Desember 2024

 

 

 

17 - 18 Desember 2024

 

 

 

30 - 31 Desember 2024

 

Hotel Orchardz Jayakarta JAKARTA

Hotel Abadi Malioboro JOGJA

Hotel Pacific Palace BATAM

Hotel Eden Kuta BALI

Hotel Golden Flower BANDUNG

Hotel Ibis City Center MAKASSAR

Hotel Quest SURABAYA

Hotel Montana Premier Senggigi LOMBOK

Hotel Whizz Prime MANADO

Hotel Grand Antares MEDAN

Hotel Maxone Ascent  MALANG

Hotel Santika Radial PALEMBANG

Hotel Whiz Prime BANDAR LAMPUNG

Hotel Ibis Simpang Lima SEMARANG

Hotel MaxOne BALIKPAPAN

Hotel Diamond / Horison SAMARINDA

 

Kegiatan ini diselenggarakan secara swadana yang dibebankan ke masing-masing peserta / SKPD dengan Biaya sebesar:

Rp. 4.500.000,- (Empat juta lima ratus ribu rupiah) / Peserta 


Dengan fasilitas yang di dapat peserta sebagai berikut:
1. Pelatihan selama 2 hari / Pembahasan Materi sampai dengan Selesai
2. Peserta Menginap (Twin-Shering);
3. Seminar Kit serta Tas ;
4. Coffee Break, Lunch dan Dinner (Selama Kegiatan Berlangsung)
5. Sertifikat Pelatihan
6. Konfirmasi Pendaftaran Peserta Selambat - Lambanya H-3
CATATAN :
- Peserta di Jemput di Bandara (Peserta Group Minimal 5 Orang) (Peserta Wajib Konfirmasi)
- Konfirmasi Pendaftaran Peserta Selambat - Lambanya H-3
- Untuk Peserta Group minimal 15 Peserta dapat Request Jadwal dan tempat
- Syarat & Ketentuan Berlaku
- Daftarkan Segera, Tempat Terbatas
- BIAYA BIMTEK / DIKLAT / PELATIHAN YANG TERCANTUM SEWAKTU-WAKTU DAPAT BERUBAH
Konfirmasi Peserta:

Telpon Pusdiklat Pemendagri   021-2244.3223

Fax Pusdiklat Pemendagri 021-2244.3223

lkn.or.id phone

pusdiklatpemendagri.com whatsapp

 admin@lkn.or.id

Website Pusdiklat Pemendagri www.lkn.or.id / www.lkn.co.in

Hal ini bertujuan untuk memperbaiki perilaku khususnya yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat secara psikologis. Komunikasi ini harus mengarah pada suatu perubahan atau perbaikan pada suatu perilaku yang dianggap tidak sesuai. Menurut Green dan Tones (2010), Komunikasi jenis ini berasal dalam model medis yang didominasi pada kesehatan masyarakat dan sering digunakan untuk menuntun seseorang dalam mengadopsi gaya hidup sehat.

Dalam kata lain komunikasi ini dipengaruhi oleh fokus ilmu sosial terhadap suatu pembawa perubahan perilaku. Menurut konsep tersebut masyarakat harus menjadi agen utama bagi perubahan diri mereka sendiri. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mempromosikan dialog, negosiasi, dan perdebatan, serta menekankan berbagai pengetahuan, proses interaksi, dan tindakan kolektif.

Implementasi Pengembangan Media Berbasis Perilaku

Komunikasi Perubahan dan Perilaku ditekankan pada perubahan atau perbaikan perilaku, tidak hanya sekedar peningkatan pengetahuan dan sikap saja. Implementasi pengembangan media dalam rangka membantu perubahan perilaku sangat penting. Media dalam hal ini sangat bergantung pada keadaan masyarakat yang ada. Adapun beberapa tahapan yang dapat dilakukan sebagai implementasi pengembangan media berbasis perilaku adalah sebagai berikut.

  • Investigasi dan analisa keadaan masyarakat sekitar, terutama yang berkaitan dengan masalah kesehatan psikologis masyarakat
  • Lakukan penelitian atau kajian formatif terhadap keadaan masyarakat. Hal ini ditujukan untuk menemukan perilaku yang berkaitan dengan kesehatan psikologis masyarakat dan juga faktor pendorong serta penghambatnya
  • Susun rencana dan strategi KPP yang tepat dan efektif dalam rangka perbaikan perilaku, termasuk juga strategi monitoring dan evaluasi
  • Rancang media KPP yang termasuk dalam uji awal dan pengembangannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan isi nomor telepon agar kami bisa menghubungi anda atau mengirimkan brosur